Facebook Beli Instagram dengan Harga Mahal

Selasa, 10 April 2012
Facebook Beli Instagram dengan Harga Mahal

Facebook mengumumkan secara resmi telah mengakuisisi Instagram dengan harga yang mahal, yaitu sebesar senilai 1 miliar dollar AS (lebih dari Rp 9 triliun) dalam bentuk tunai dan saham. 

Uniknya, Facebook memang membeli Instagram saat perusahaan ini belum menghasilkan uang.

"Ini merupakan perjalanan penting bagi Facebook karena untuk pertama kalinya kami mengambil alih produk dan perusahaan dengan pengguna yang begitu banyak," kata pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, seperti pernyataan resminya di facebook http://newsroom.fb.com/Announcements/Facebook-to-Acquire-Instagram-141.aspx .

Instagram merupakan aplikasi untuk mengedit foto dengan beragam pilihan filter dan efek kemudia foto tersebut dibagi melalui jejaring sosial yang populer di pengguna smartphone iPhone atau Adroid saat ini.

Dirilis Januari 2011, Instagram pertama kali hanya untuk platform iOS, iPhone, namun berhasil menarik minat 50 juta pengguna. Dan pengguna ini semakin meningkat dengan Instagram yang juga tersedia untuk platform Android minggu lalu .

Mark tidak berencana langsung menggabungkan Instagram secara khusus  ke Facebook. Pengembangan Instagram tetap akan dilakukan secara independen.

"Kami sepenuhnya sadar untuk menjaga dan membangun kekuatan dan fitur Instagram daripada sekadar mencoba mengintegrasikan segalanya ke Facebook," ujar Mark.

Mark menekankan bahwa Facebook dan Instagram sama-sama menyediakan pengalaman terbaik untuk berbagi foto sehingga keduanya bisa saling melengkapi.

Meski Instagram sudah populer, ternyata perusahaan ini hanya memiliki 13  karyawan. Maka Facebook membuat karyawan Instagram memiliki nilai jauh di atas karyawan Facebook, Apple, atau Google.

Berdasarkan estimasi yang dilakukan oleh Rebecca Rosen dari The Atlantic, setiap karyawan Instagram kini bernilai 77 juta dollar AS. Angka ini menempatkan karyawan Instagram tiga kali lebih "mahal" daripada karyawan Facebook dan 15 kali lebih "mahal" daripada karyawan Apple dan Google. 

Perhitungan ini didasarkan pada penghitungan nilai perusahaan dibagi jumlah karyawan. Berikut adalah grafik peringkat nilai karyawan dari 13 perusahaan teknologi di AS:



Dari grafik di atas, karyawan Facebook hanya bernilai 25 juta dollar AS, disusul karyawan Apple dan Google yang bahkan tidak menyentuh angka 10 juta dollar AS.  

Meski belum besar, Instagram memiliki potensi lebih, seperti saat tersedia untuk Android, Instagram bertambah 1juta pengguna setiap 24 jam. Instagram sendiri merupakan pesaing terberat Facebook yang mempunyai nilai 500juta dollar AS yang diperoleh dari beberapa investor. Tentunya Facebook bakal menggabungkan fiturnya dengan Instagram untuk bertahan menjadi jejaring sosial nomor satu.

Komentar