12 Kelebihan iOS 5 di iPad

Rabu, 19 Oktober 2011
12 Kelebihan iOS 5 di iPad

iOS 5 memang digunakan untuk iPhone namun bukan berarti tidak berguna di iPad. iPad juga mendapatkan sejumlah fitur baru dari 200an fitur yang dibawa iOS 5.

Silakan simak 12 fitur utama iOS 5 yang akan mempengaruhi cara Anda bekerja dengan iPad:

1. New multitouch gestures 
Dengan cara swipe jari-jari Anda ke arah atas dari screen, Anda akan dihadapkan pada multitasking bar. Swipe ke kiri dan kanan saat ada di dalam aplikasi akan memberikan fungsi flip antar aplikasi tanpa multitasking bar. 

 2. Split keyboard
Dengan cara tekan dan tahan icon ‘hide keyboard’ dan dragging ke atas, Anda akan bisa memecah keyboard menjadi dua bagian. Dengan terbagi menjadi dua maka pengetikan akan bisa dilakukan lebih mudah terutama jika Anda terbiasa memakai jempol dan memegang iPad dengan dua tangan. 


3. Synched notifications
iOS 5 mendesain secara total sistem notifikasi yang ada di iDevices. Disebut sebagai Notification Center, fitur ini juga memberikan model baru dalam pengaturan notifikasi di iPad. Fungsi yang unik ditunjukkan dengan adanya kemampuan pop-up di lock-screen iPad.



4. Tabbed browsing
Safari web browser telah memberikan kemampuan terbaiknya namun hadirnya iOS 5 membuat browser itu semakin lengkap. iOS 5 menambahkan tab untuk browsing sehingga serupa dengan browser di komputer.

5. Browser reading list and reader view
Jika Anda hobi membaca blog atau cerita lain, Anda bisa menyimpannya di reading list yang ada di Safari browser. Cara ini digunakan jika Anda tidak punya cukup waktu untuk membacanya dan ingin menyimpannya sehingga bisa diakses di lain waktu. Saat membaca artikel tersebut Anda bisa switch ke reader view. Fitur ini muncul dalam window baru dalam bentuk clean text tanpa gambar.

6. Texting with iMessage
iMessage yang disebut sebagai pesaing BBM di BlackBerry ini juga diberikan pada iPad. Dengan iMessage Anda bisa saling berkirim pesan dengan pengguna iDevices lain, gratis. Selain menyediakan fungsi dasar instant message, iMessage juga memiliki fitur group messaging, read receipts dan photo/video sharing.



7. Photostream picture syncing
Kabar baik bahwa iPad photo app memiliki dukungan penuh layanan iCloud. Jika Anda telah mengaktifkan photo sync di iCloud maka kapanpun Anda memotret menggunakan kamera iPhone atau menyimpannya di iDevices lain maka foto itu secara otomatis muncul di iPad.

8. Email and Calendar enhancements 
Email app di iPad sekarang support rich text editing dalam penulisan email termasuk bold, italics dan underline. 

9. Newsstand 
Reading apps dan digital magazines/newspapers kini disatukan dalam sebuah kios digital bernama Newsstand. 

10. Typing shortcuts 
Layar iPad yang lebar memudahkan Anda mengetik dibanding di layar iPhone yang lebih kecil. Hadirnya iOS 5 semakin memudahkan fungsi pengetikan karena adanya fitur shortcuts. Dengan mengetik ‘sys’, misalnya, Anda akan bisa mendapatkan “see you soon” sehingga mempercepat proses pengetikan.

11. Twitter integration
Kini Anda bisa berlama-lama di Twitter karena aplikasi ini telah terintegrasi penuh dengan iOS 5 di iPad. Anda bisa tweet foto, URL dan konten lain langsung Safari, mail, maps, YouTube atau aplikasi lain.



12. Global dictionary 
Tap dan tahan jari Anda pada sembarang kata di web page atau aplikasi maka Anda akan membuka sebuah popup menu yang berisi opsi untuk menampilkan arti dari kata yang Anda tap tadi. Fitur ini mulanya ada di iBooks.

Komentar