Ultah, Partai Nasional Afrika Selatan Bagikan Kondom

Rabu, 08 Februari 2012
Ultah, Partai Nasional Afrika Selatan Bagikan Kondom
Perayaan ulang tahun ke-100 partai nasional Afrika Selatan, African National Congress (ANC) dirayakan dengan cara membagikan 1,35 juta kondom. Naun kondom-kondom tersebut harus ditarik dari peredaran karena mempunyai kualitas yang buruk, mudah koyak saat digunakan dan berpori.

"Orang-orang mengklaim bahwa kondom rusak saat mereka sedang berhubungan seks. Ada yang panik karena mereka terinfeksi AIDS dan khawatir akan menulari pasangannya. Ketika kami sediliki keluhan, ternyata kondom berpori," jelas Sello Mokhalipi, aktivis AIDS dari Treatment Action Campaign (TAC), Senin (6/2/2012).

Juru bicara Dinas Kesehatan dari Provinsi Free State, Jabu Mbalula, mengatakan mereka telah menarik seluruh batch dari 1,35 juta kondom pada 18 Januari lalu. Namun belum diketahui berapa jumlah kondom yang telah digunakan ataupun dalam keadaan rusak.

Pada tahun 2007, pemerintah harus menarik lebih dari 20 juta kondom cacat yang diproduksi secara lokal. Dan pada tahun 2008, 5 juta kondom rusak ditarik dari peredaran. Laporan media mengatakan jika seorang manajer pengujian di South African Bureau of Standards telah menerima suap untuk mengesahkan kondom rusak tersebut.

Dan kini beredar kabar terbaru, jika kondom rusak tersebut didistribusikan ke hotel dan bar di pusat kota Bloemfontein, di mana puluhan ribu orang melakukan perjalanan dari seluruh negeri untuk perayaan African National Congress (ANC).

Laporan UNAIDS (PBB yang mengurusi masalah HIV dan AIDS) memperkirakan Afrika Selatan memiliki 5,6 juta orang yang terinfeksi HIV, yang membuat negara tersebut menempati peringkat pertama dengan jumlah penduduk terinfeksi HIV terbanyak di dunia.
Komentar