Pasangan Miskin di Kolong Jembatan Kalau Lapar Makan Kadal

Kamis, 21 April 2016 09:45
Pasangan Miskin di Kolong Jembatan Kalau Lapar Makan KadalTarsono dan istrinya @jpnn.com

Kondisi pasangan suami istri berikut ini menjadi sepenggal potret kemiskinan di tanah air. Pasangan Tarsono (38) dan istrinya, Triyani (19) sudah dua bulan ini tinggal di kolong jembatan Kali Cenang di jalur pantai utara (pantura) Jawa, Tegal.

Semula mereka tinggal di Jalan Proklamasi Nomor 8 RT 7/RW 10, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, namun tahun 2000 silam, rumahnya ludes terbakar.

Sejak saat itulah, Tarsono yang mantan pembantu polisi alias Banpol di Polres Tegal ini tak mempunyai tempat tinggal. Hal itu diperparah dengan kondisi kesehatan Tarsono yang mengidap herpes

Saking sakitnya, Tarsono pun tak bisa bekerja. Dia dan istrinya hanya mengandalkan makanan yang ada di sekitar gubuk. Bahkan, tak jarang saat kelaparan, mereka terpaksa memakan kadal. Sementara untuk air minum, mereka minum air perasan tebu milik petani yang sudah mulai dipanen.

Tarsono hanya berkaca-kaca ditanya masa depannya dengan sang istri. Sebab, untuk makan hari ini saja susah.

"Sekarang kondisi kesehatan saya terus memburuk karena tidak mampu untuk berobat, bahkan, istri saya juga mulai ketularan herpes karena disini tidk ada air untuk mandi," katanya dengan suara terbata-bata.

Ditanya apakah Tarsono tidak berusaha berobat ke rumah sakit, dia menjawab sudah melakukan itu namun karena lokasi dan KTP asal mereka berbeda, sehingga dia hanya bisa pasrah menerima keadaan seperti ini.

"Jangankah untuk berobat, untuk makan saja kami terkadang harus puasa karena memang tidak ada yang bisa dimakan," ujarnya sembari mengusap air mata. Demikian dilansir dari JPNN, Rabu (20/4).

(Nay)
Komentar