Sewa Murah, Fasilitas Rusun Rawa Bebek Bikin Iri: Ada Liftnya!

Selasa, 19 April 2016 16:30
Sewa Murah, Fasilitas Rusun Rawa Bebek Bikin Iri: Ada Liftnya!Keceriaan bocah di Rusun Rawa Bebek yang bersih dan nyaman @kompas.com

Warga Pasar Ikan Luar Batang yang direlokasi ke rusun Rawa Bebek mengaku nyaman dan betah. Lingkungan di sana menurut mereka lebih bersih, nyaman dan adem.

"Yang saya rasa di sini ya bersih. Kalo nyaman, ya nyaman. Ukuran ruangannya juga lebih besar di sini. Soal biaya, kalo dihitung-hitung gak jauh beda waktu tinggal di sana. Saya di sini setelah 3 bulan nanti bayar ongkos sewa 300 ribu rupiah per bulan," ucap Saidi di Rusun Rawa Bebek, Jalan Inspeksi Banjir Kanal Timur.

rawa-bebek

Total per bulan termasuk biaya listrik dan air, Saidi mengeluarkan uang Rp 500 ribu.

Fasilitas Rusun Rawa Becek ini bisa dibilang layak tinggal dan sangat murah dengan biaya sewa tidak mencapai sejuta untuk ukuran DKI Jakarta.

rusun-rawa

Netizen Renny Fernandez melakukan investigasi swadaya menemui para warga pindahan Pasar Ikan Luar Batang dan melihat sendiri suasana lingkungan yang baru, bersih dan tidak kumuh itu.

"Saya tidak menyangka, kalau rusun Rawa Bebek dilengkapi oleh lift. Lift dalam keadaan nyala, bersih, dan bukan sekedar pajangan," cerita Renny.

-rusun-rawa-bebek

"Saya memilih turun lewat tangga. Dan tertarik oleh pintu-pintu kecil mirip jendela yg ada di tiap tangga. Saya bertanya kepada petugas yg mengantar saya, "ini pintu apa pak?" Si bapak menjelaskan kalau pintu tersebut adalah pintu utk mempermudah warga membuang sampah. Sampah yg sudah ditaro di trash bag bisa lgsg di buang melalu pintu tsb, maka sampah siap meluncur dr lantai 6 hingga bawah. Jadi utk membuang sampah warga tidak perlu berlelah2 turun kebawah."

rusun-rawa-bebek

Di rusun itu juga disediakan instalasi pembuangan limbah. "Limbah dr saluran air tiap rusun diolah di sini. Oleh petugas saya sempat dijelaskan bagaimana proses pengolahannya, namun saya lupa.. Mohon maaf."

Renny juga mengobrol dengan beberapa penghuni rusun yang juga membuka usaha kecil-kecilan. Sementara anak-anak di rusun itu bermain bola, main sepeda dan berlari-lari.

Pemprov DKI sendiri menggratiskan bus Transjakarta yang beroperasi dari pukul 05.00-19.00. Saat ini rata-rata penumpang per hari hanya sekitar 20 orang.

-rusun-rawa-bebek

"Demikian hasil 'kepo' saya. Harapan saya semoga rusun tetap terpelihara dengan baik, warga semakin nyaman dan kehidupan anak-anak akan menjadi lebih baik juga. Buat teman2 yg mau cek langsung silahkan saja, rusun rawa Bebek ada di : Jln. Inspeksi Kanal Timur, Cakung - Jakarta Timur," pungkas Renny.

(Nay)
Komentar