Ratna Sarumpaet Muncul Lagi, Sebut Ahok 'Orang Sakit'

Selasa, 19 April 2016 12:30
Ratna Sarumpaet Muncul Lagi, Sebut Ahok 'Orang Sakit'Ratna Sarumpaet @kompas.com

Aktivis perempuan, Ratna Sarumpaet, menyamakan penangkapan dirinya saat penggusuran Pasar Ikan, Luar Batang, Jakarta Utara dengan peristiwa 1998.

"Gila, tahun 1998 saya dipenjara, dikejar-kejar, mempertaruhkan nyawa untuk mendapatkan demokrasi yang seperti sekarang ini. Lalu, kemarin saya diamankan (polisi), itu kan kurang ajar," ujar Ratna di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Senin (18/4).

Ratna mengatakan sempat mempertimbangkan akan memperkarakan penangkapan itu. Namun dia batalkan karena merasa bakal percuma.

Sebab, jika dia gugat, nantinya akan berhadapan dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya juga bisa persoalkan ini, tetapi saya malas karena itu artinya saya melawan seorang Ahok. Ngapain lawan dia? Ini orang sakit kalau menurut saya. Semua orang dilawan kok. Dia harus memerangi akalnya dulu kalau menurut saya," ujar Ratna.

Kedatangan Ratna ke Gedung DPRD DKI itu untuk berdialog dengan pimpinan DPRD DKI selaku pembela warga Luar Batang.

"Itu kerjaan saya dari tahun 1993. Saya, waktu Marsinah meninggal, saya enggak kenal Marsinah, tetapi saya bela. Ini hubungannya adalah negara itu ada karena rakyatnya. Jadi, kalau para pekerja di negara ini mengabaikan rakyat, itu sudah melanggar," ujar Ratna.

(Nay)
Komentar