4G LTE Meluas Berkat Ponsel 4G Dijual Murah

Senin, 18 April 2016 14:20
4G LTE Meluas Berkat Ponsel 4G Dijual MurahPonsel dengan dukungan 4G @androidcentral.com
Jaringan internet berkecepatan tinggi 4G LTE akhirnya mulai menyebar ke wilayah Indonesia yang lebih luas. Menurut Menkominfo Rudiantara, hal ini tak lepas dari harga ponsel 4G yang semakin merakyat.

Dalam beberapa tahun ke depan, ia tak ragu jika harga ponsel 4G akan menurun hingga di bawah Rp 1 jutaan. Rudiantara mengatakan jika di awal tahun 2017 nanti pemerintah akan menaikkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) hingga 30% pada produsen ponsel.

Pria yang kerap disapa Chief RA ini mengatakan, "Sehingga nanti paling lambat di 2019 harga handset 4G targetnya sekitar Rp 500-600 ribuan. Kalau sekarang masih Rp 1 jutaan."

Senior Vice President LTE Project Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan jika jaringan 4G Telkomsel sudah menyebar di 102 kota dan kabupaten di Indonesia. Langkah ini juga dikaitkan dengan menyebarnya perangkat 4G.

Hendri mengatakan, "Ibaratnya mau jual mobil Aston Martin di kota yang tidak jual Pertamax, ya gak ada yang beli juga, Jadi kita bakal datang ke kota untuk bangun 4G dimana handsetnya sudah siap. Jadi kesiapan device pasti jadi pertimbangan utama."

"Penetrasi handset 4G naik 125%, pertumbuhannya sangat signifikan. Kalau 3G zaman dulu untuk mencapai harga Rp 1 juta perlu waktu 3 tahun, namun 4G baru sebentar (dikomersikan 2014) sudah banyak muncul ponsel seharga Rp 1 juta."

"Makanya kita gak ragu-ragu bangun 4G, terutama di kota besar. kita akan bangun di seluruh negeri, tapi paling tidak kita lihat unsur device-nya dulu," lanjutnya.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan jika respon positif yang didapatkan masyarakat terkait layanan ini telah meningkat 12 kali lipat.

"Dalam menggelar jaringan 4G, kami selalu memastikan bahwa layanan ini dapat dinikmati sekitar 80 persen dari wilayah digelarnya jaringan, sehingga konektivitas pelanggan dengan layanan Telkomsel 4G LTE tetap terjaga pada saat beraktivitas baik di lokasi indoor maupun outdoor," ujarnya.
(mks)
Komentar