Jia Jia, Robot Cantik yang Bisa Bicara dengan Manusia

Senin, 18 April 2016 09:30
Jia Jia, Robot Cantik yang Bisa Bicara dengan ManusiaJia Jia @inquisitr.com
Sebuah robot humanoid baru saja diperkenalkan oleh University of Science and Technology of China, yakni bernama Jia Jia. Jia Jia merupakan robot wanita dengan paras yang cantik.

Robot ini bahkan bisa berbicara dengan manusia dan memiliki ekspresi wajah yang bisa berubah-ubah. Ia juga bisa memarahi seseorang yang sengaja mengambil gambarnya dari sudut yang salah, dilansir Engadget.

Kepada seorang yang mencoba mengambil foto Jia Jia mengatakan, "Jangan berdiri terlalu dekat dengan saya saat Anda mengambil foto saya. Itu akan membuat saya terlihat gendut."



Butuh waktu tiga tahun bagi pengembang untuk merancang Jia Jia dan memastikan mulutnya bergerak tepat saat berbicara atau membuat matanya bergerak natural.

Meski demikian, para insinyur masih kesulitan untuk membuat Jia Jia tertawa atau menangis. Kelemahan lainnya adalah karena robot ini masih terlihat kaku seperti sebuah boneka manekin.

Para insinyur akan terus mengembangkan Jia Jia ke level selanjutnya dan menjadi robot yang benar-benar mirip dengan manusia, baik secara desain maupun kemampuan. Akan dilengkapi juga fitur pembelajaran mesin agar Jia Jia memiliki ekspresi natural.

(mks)
Komentar