Operasi Kanker Pakai Headset Virtual Reality Pertama Sukses

Sabtu, 16 April 2016 17:30
Operasi Kanker Pakai Headset Virtual Reality Pertama SuksesTim dokter bedah @medicalrealities.com
Manfaat teknologi Virtual Reality (VR) kian merambah ke berbagai bidang. Tak hanya digunakan untuk keperluan game dan konten video, virtual reality bahkan telah digunakan dalam sebuah proses operasi kanker.

Ahmed, dokter asal Inggris berhasil melakukan bedah pertama dengan menggunakan teknologi VR. Ahmed memperlihatkan operasi kanker usus yang tengah berlangsung di mana dirinya memakai headset VR.

Operasi yang berlangsung selama tiga jam ini disiarkan secara terbatas lewat situs Medical Realities agar penonton bisa menyaksikan suasana membedah pasien menggunakan perangkat VR.

Untuk pengguna VR, mereka bisa menggunakan aplikasi VR in OR untuk membuat tampilan ruangan operasi tampak lebih nyata 360 derajat. Artinya penonton bisa ikut merasakan bagaimana suasana di ruang operasi.

"Semua yang saya lihat lebih detail dan membantu saya menjalankan proses bedah dengan lebih fokus dan tertata. Meski ada suara yang agak mengganggu dari VR headset, saya masih tetap bisa melakukan bedah dengan lancar," ujar Ahmed.

Ahmed sendiri merupakan co-counder Medical Realities. Ia juga menjadi salah satu penggagas VR di dunia kesehatan. Ahmed berharap jika teknologi ini mampu membantu ahli bedah di masa depan.
(mks)
Komentar