Misi Paling Ambisius Dalam Sejarah: Eksplorasi Sistem Bintang

Sabtu, 16 April 2016 13:00
Misi Paling Ambisius Dalam Sejarah: Eksplorasi Sistem BintangStephen Hawking @bbc.com
Stephen Hawking mengumumkan proyek antariksa paling ambisius dalam sejarah. Fisikawan ternama itu bekerjasama dengan bos Facebook, Mark Zuckerberg dan miliuner Rusia, Yuri Milner untuk meluncurkan pesawat yang akan mengeksplorasi sistem bintang paling dekat dengan tata surya, Alpha Centauri.

Proyek ini dipimpin oleh mantan direktur NASA, Pete Worden. Mereka akan membuat ratusan satelit mini dengan berat beberapa gram saja dan mampu membawa kamera, pendorong foton, navigasi dan peralatan komunikasi, dilansir CNN.

Pesawat mini bernama Nanocraft ini nantinya akan diluncurkan ke luar angkasa menggunakan sebuah roket dengan daya dorongan 100 juta mil per jam atau 20 persen dari kecepatan cahaya.

Pesawat antariksa tercepat dalam sejarah itu akan memakan waktu 20 tahun untuk sampai di sistem bintang Alpha Centauri. Meski terlihat mengagumkan, namun banyak ilmuwan yang beranggapan negatif dengan proyek ini.

Tapi, Milner yang turut membiayai proyek ini mengatakan, "Lima puluh tahun lalu dari hari ini kosmonot Rusia Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang berhasil meraih luar angkasa. Kini, kami sedang mempersiapkan untuk lompatan besar berikutnya. Meraih bintang."
(mks)
Komentar