Tersangkut Panama Papers, 2 Pejabat Tinggi Luar Negeri Mundur

Sabtu, 16 April 2016 10:15
Tersangkut Panama Papers, 2 Pejabat Tinggi Luar Negeri MundurPerdana Menteri Islandia, Sigmundur Gunnlaugsson @mirror.co.uk

Perdana Menteri Islandia, Sigmundur Gunnlaugsson, mengundurkan diri setelah namanya tersangkut dalam skandal dokumen Panama Papers.

Terungkap jika PM Gunnlaugsson dan istrinya memiliki perusahaan cangkang, Wintris. Data ini tidak dia ungkapkan ketika menjadi anggota parlemen.

Dia dituding menyembunyikan aset keluarga bernilai jutaan dolar. PM Gunnlaugsson mengambill langkah berani mundur dari jabatannya setelah ribuan orang berunjuk rasa di depan parlemen di ibu kota Reykjavik meminta pertanggungjawaban dirinya.

Skandal Panama Papers yang menyeret ribuan orang terkenal, pemimpin dan pejabat di seluruh negara ini juga memakan korban baru. Menteri Perindustrian Spanyol Jose Manuel Soria mengundurkan diri dari jabatannya pada Jumat (15/4) kemarin.

Soria meninggalkan jabatannya setelah memberi penjelasan di hadapan anggota parlemen soal namanya yang muncul dalam dokumen firma hukum Panama, Mossack Fonseca.

Diberitakan jika Soria tercatat sebagai direktur di perusahaan bernama UK Lines Ltd. Menurut dia, perusahaan pengapalan keluarga itu dulu dia kelola. Demikian dilansir dari Reuters.

(Nay)
Komentar