Gurita Cerdas, Bisa Kabur dari Akuarium Nasional Selandia Baru

Jum'at, 15 April 2016 14:00
Gurita Cerdas, Bisa Kabur dari Akuarium Nasional Selandia BaruGurita Inky @cbsnews.com
Gurita jantan yang dinamai Inky berhasil melarikan diri dari sebuah akuarium nasional di Selandia Baru melalui sebuah pipa sempit yang jauh lebih kecil dari ukuran tubuhnya.

Inky hidup di dalam akuarium sejak dua tahun lalu setelah diselamatkan oleh nelayan lokal dari perangkap udang karang. Kini, Inky pun bebas ke lautan lepas setelah kabur dari kandangnya melalui sebuah celah kecil.

Gurita cerdik tersebut diduga keluar dari bagian atas akuarium lalu meluncur ke lantai dan melarikan diri melalui pipa berdiameter 15 cm yang jauh lebih kecil dari ukurannya.

Dilansir AFP, manajer akuarium, Rob Yarrell mengatakan, "Gurita benar-benar hewan cerdas dan sangat ingin tahu. Mereka juga cenderung untuk mengeksplorasi setiap kali mereka mendapatkan kesempatan."

"Memberikan sedikit celah itu cukup baginya untuk keluar dan kami melihat jejak basah di salah satu saluran air kami," lanjutnya.

Atas kejadian ini, pihak akuarium mengatakan tidak akan mencarinya karena Inky diyakini sudah lebih bahagia di habitat aslinya. "Inky seperti sudah tahu apa yang harus dilakukan," ujar Yarrell.

Ilmuwan memang sudah familiar dengan kecerdasan hewan yang termasuk keluarga cephalopodia ini. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa gurita memiliki kecerdasan di atas hewan lainnya.
(mks)
Komentar