Main Ponsel Saat Hujan Bisa Memicu Petir?

Jum'at, 15 April 2016 12:40
Main Ponsel Saat Hujan Bisa Memicu Petir?Ilustrasi @aktuality.sk
Belakangan ini kabar mengenai tewasnya seseorang karena tersambar petir banyak terdengar. Dari laporan yang tertulis, korban dikatakan sempat menggunakan ponsel saat hujan lebat dan diduga memicu datangnya petir yang menyambarnya.

Seorang pria di Kawarang Barat bernama Jordan pada Rabu (13/4) lalu tewas tersambar petir. Saksi mengatakan jika Jordan menggunakan handsfree dan ponselnya berada di saku kiri saat mendung. Ketika itu ia berada di luar tenda.

Tak lama setelah itu Jordan tersambar petir dan dua orang yang berada di sekitarnya pun juga ikut pingsan. Namun hanya Jordan yang nyawanya tak terselamatkan.

Sebelumnya, insiden yang sama juga dialami oleh seorang bocah bernama Satrio asal Nganjuk. Saat kejadian, bocah tersebut bahkan bermain ponsel di kamar. Ia ditemukan tewas dengan luka bakar dan ponsel yang sudah hancur di tangannya saat kondisi cuaca hujan deras.

Dari kejadian-kejadian itu, kini muncul pertanyaa masyarakat: Benarkah bermain ponsel bisa memicu datangnya petir?

Seorang dokter di Inggris mengatakan jika saat seseorang tersambar petir, arus listrik bisa mengalir di luar atau di dalam tubuh. Benda berbahan konduktif seperti logam dan cairan yang berhubungan langsung dengan kulit tentu berpotensi mengalirkan listrik ke dalam tubuh.

Namun, belum bisa dipastikan bahwa bermain ponsel di saat cuaca mendung atau hujan berbahaya. Yang jelas, komponen-komponen yang ada di dalam ponsel adalah materi penghantar listrik yang berbahaya digunakan saat ada petir.

Untuk meniminalisir kemungkinan buruk, sebaiknya kita melakukan berbagai upaya pencegahan dengan tidak menggunakan ponsel di saat mendung, hujan lebat, atau hujan disertai petir. Ketika di luar ruangan, hindari beberapa benda yang mampu menghantarkan listrik atau yang menjulang tinggi, seperti tiang listrik atau pohon.
(mks)
Komentar