Jepang Rancang Kereta Transparan Pertama di Dunia

Kamis, 14 April 2016 18:45
Jepang Rancang Kereta Transparan Pertama di DuniaKereta api transparan pertama @archdaily.com
Jepang adalah negara yang kerap menghadirkan teknologi mengagumkan untuk alat transportasi kereta, contohnya kereta Shinkansen yang punya kecepatan mencapai 360 mil per jam. Tak heran jika Jepang disebut sebagai Negeri Kereta.

Tak sampai di situ, perusahaan kereta Seibu Railway Co dan arsitek Kazuyo Sejima berupaya menghadirkan sesuatu yang tak kalah menarik, yakni kereta super cepat Shinkansen yang nyaris tanpa desain atau transparan.

Kereta yang akan beroperasi pada tahun 2018 mendatang ini tidak sepenuhnya tembus pandang, hanya saja kereta tersebut dibuat dengan material reflektif yang mampu menyerap warna dan cahaya sehingga tampak seperti kaca, dilansir Tech Insider.

Tak hanya diaplikasikan pada kereta super cepat Shinkansen, teknologi ini kabarnya juga akan dihadirkan untuk beberapa kereta yang lain, termasuk kereta Seibu Railways Red Arrow Express.

"Ini merupakan kali pertama saya merancang kereta dengan material reflektif," ujar Sejima yang memang terkenal dalam perancangan material reflektif.

Sebenarnya, teknologi ini pernah dikembangkan ilmuwan selama satu dekade terakhir, namun material tersebut belum bisa benar-benar transparan, hanya menampilkan warna abu-abu karena butuh material nano yang lebih kuat agar bisa menyerap lebih banyak warna.
(mks)
Komentar