Petugas Main Game Online, Kereta Api di Jerman Tabrakan

Kamis, 14 April 2016 18:00
Petugas Main Game Online, Kereta Api di Jerman TabrakanKereta api bertabrakan @nbcnews.com
Dua kereta api di Bavaria, Jerman beberapa waktu lalu mengalami tabrakan hingga menewaskan 11 penumpang. Parahnya, tabrakan terburuk di Jerman sejak tahun 1998 itu diakibatkan karena sang petugas pengawas sinyal kereta sedang asyik bermain game online.

Kepada pemeriksa polisi di kantor Kejaksaan Bavaria, petugas tersebut tidak mengakui jika dirinya lalai karena telah bermain game di ponsel sehingga membuat kereta bertabrakan.

Sebagai hasil penyelidikan yang dilakukan kepolisian, petugas yang tak disebutkan namanya itu pun kini ditahan. Ia harus menghadapi dakwaan kelalaian yang mengakibatkan orang lain meninggal.

Kejaksaan Traunstein mengatakan jika penyelidikan polisi menemukan bahwa sang petugas menyalakan telepon genggam saat bekerja di hari kecelakaan. "Dia memainkan online game dan bermain sangat serius hingga beberapa saat sebelum kedua kereta bertabrakan," ujar kejaksaan Traunstein.

Petugas membantah jika konsentrasinya terganggu game yang ia mainkan di ponsel miliknya. Namun, kejaksaan mengatakan jika masa ketika ia bermain membuatnya tidak memperhatikan persimpangan kereta. Petugas dianggap memberi sinyal dan menekan tombol yang salah saat mengeluarkan sinyal bahaya.

Setidaknya ada 150 penumpang dalam kedua kereta tersebut. Beruntung, hanya belasan yang tewas akibat tabrakan berkecepatan tinggi tersebut. Investigasi masih dilakukan dan tidak ditemukan kesalahan teknis yang mengakibatkan insiden tersebut.
(mks)
Komentar