Jepang Temukan Awan Asam dan Objek Aneh di Venus

Kamis, 14 April 2016 13:50
Jepang Temukan Awan Asam dan Objek Aneh di VenusPesawat Jepang, Akatsuki di dekat Venus @phenomena.nationalgeographic.com
Untuk pertama kalinya, pesawat antariksa milik Jepang (JAXA), Akatsuki mengambil gambar di planet Venus beberapa waktu lalu. Gambar tersebut menunjukkan sesuatu yang kompleks dan tak pernah terbayangkan.

Beberapa data yang diambil dari empat kamera pesawat tersebut menunjukkan adanya awan asam dan bentuk 'busur' aneh di atmosfer planet Venus yang membuat ilmuwan kebingungan, dilansir Daily Mail, Kamis (14/4/).

Formasi awan itu terlihat kompleks dari jarak potret 100 ribu kilometer, memperlihatkan adanya lapisan padat awan asam sulfur Venus.

Penyidik utama Akatsuki, Takehiko Satoh mengatakan, "Kami masih akan mencapai resolusi ruang yang lebih baik. Kami berjanji akan memberikan serangkaian data fantastik bagi komunitas riset selama bertahun-tahun."

Ilmuwan yakin jika awan pembentukan awan bergerak cenderung memutari permukaan Venus, bukan atmosfer yang kecepatannya lebih cepat. Tak diketahui apa yang menyebabkan terjadinya fenomena tersebut.

Akatsuki sendiri diluncurkan pada Mei 2010 dengan misi mengeksplorasi Venus. Sayangnya, Desember di tahun setelahnya pesawat tersebut mengalami masalah kegagalan manuver saat orbit karena kendala mesin. JAXA pun segera melakukan perbaikan dan akhirnya pada 9 Desember 2015 Akatsuki bisa mengorbit Venus.

Venus kini akan mengorbit Venus dalam tiga bulan untuk memastikan peralatan berjalan dengan baik. Di saat yang sama, Akatsuki juga akan bermanuver untuk menjauh dari Venus dalam jarak 310 ribu kilometer agar aman.
(mks)
Komentar