Facebook Bikin Kamera Bentuk UFO Harga Rp 400 Juta

Kamis, 14 April 2016 11:30
Facebook Bikin Kamera Bentuk UFO Harga Rp 400 JutaSurround 360 @technobuffalo.com
Facebook baru saja membuat kamera dengan desain unik yang mampu merekam video 360 derajat yang bisa dimanfaatkan videografer untuk membuat konten video Virtual Reality (VR).

Kamera bernama Surround 360 tersebut dirangkai dalam sebuah rig yang bentuknya menyerupai piring terbang atau UFO. Tak tanggung-tanggung, Facebook membanderol kamera canggih tersebut dengan harga fantastis, mencapai USD 30 ribu atau Rp 400 jutaan.

Rig kamera tersebut terdiri atas 14 kamera dengan lensa sudut lebar yang ditata melingkar, ditambah satu lensa fish-eye di bagian atas, serta dua di bagian bawah rig, demikian dilansir Digital Trends, Rabu (13/4).

Dengan komposisi itulah kamera akan mampu merekam gambar tanpa memperlihatkan pegangan yang dipasang pada kamera atau kendala yang paling sering dihadapi pembuat video Virtual Reality saat ini.

Facebook mengatakan jika kamera buatannya mampu melakukan recording selama berjam-jam tanpa kepanasan (overheating). Yang lebih menarik, sensor kamera yang disematkan dalam 'piring terbang' ini mampu merekam video beresolusi 8K.

Video yang dihasilkan nantinya juga bisa dilihat di berbagai perangkat Virtual Reality seperti Samsung Gear VR hingga Oculust Rift. Lebih lanjut Facebook juga mengklaim jika hasil video itu bisa diunggah ke media sosial Facebook dengan mudah.

(mks)
Komentar