Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Penghasilan, Tapi Khusus Lajang

Rabu, 13 April 2016 14:50
Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Penghasilan, Tapi Khusus LajangIlustrasi @kaskus.co.id

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Dari semula Rp 36 juta per tahun menjadi Rp 54 juta per tahun. Rencana ini sudah mendapat lampu hijau dari DPR.

Dengan kenaikkan tersebut, maka setiap orang yang memiliki gaji kurang dari Rp 4,5 juta per bulan akan terbebas dari pajak penghasilan (PPh).

PTKP sudah diatur dalam Undang-Undang pajak penghasilan (PPh) pasal 7. Akan tetapi soal besar nominalnya diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK), setelah melalui proses konsultasi dengan DPR.

Aturan baru ini akan diberlakukan untuk tahun pajak 2016. Dengan kata lain, meski disahkan pada pertengahan 2016, namun penarikan pajak akan ditarik mundur hingga dihitung mulai Januari 2016.

Batas PTKP Rp 4,5 juta per bulan sendiri khusus bagi orang pribadi dengan status lajang atau tidak menikah. Bila sudah memiliki tanggungan, istri dan anak, maka batasnya akan lebih tinggi.

"Batas PTKP Rp 4,5 juta per bulan, adalah untuk wajib pajak dengan status lajang," ungkap Direktur Eksekutif Center of Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo.

Yustinus menilai kebijakan ini bisa mendorong konsumsi yang lebih besar dari pada sebelumnya.

"Ini sangat bagus untuk mendorong konsumsi masyarakat," jelasnya.

(Nay)
Komentar