Ini Alasan Pengguna Facebook Jarang Update Status

Rabu, 13 April 2016 13:00
Ini Alasan Pengguna Facebook Jarang Update StatusMengakses Facebook @youtube.com
Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Facebook adalah media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia mencapai 1,6 miliar. Namun, belakangan ini pengguna Facebook diketahui semakin jarang mengunggah status.

Lebih banyak pengguna Facebook yang hanya melanjutkan sharing konten dari pengguna lain dibanding dengan mengunggah konten yang ditulis dan dibuat sendiri oleh pengguna (posting original).

Bahkan, data internal Facebook mengatakan jika hingga pertengahan tahun 2015, jumlah sharing secara keseluruhan Facebook juga mengalami penurunan hingga 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya, dilansir The Information, Senin (11/4).

Sementara jumlah posting original atau yang dibuat langsung oleh pengguna mengalami penurunan yang sangat besar mencapai 21 persen dari tahun ke tahun. Hingga awal 2016, jumlah tersebut mengalami penurunan hingga 16 persen.

Mengapa pengguna Facebook jarang update status?

Banyak pengguna yang merasa privasi mereka tidak aman setelah memiliki banyak teman. Selain itu, aneka berita serta iklan yang bertebaran di Beranda Facebook juga menjadi terlalu ramai dan riuh dengan informasi sehingga membuat pengguna tidak nyaman.

Akibatnya, hanya sebagian pengguna yang rutin mengunggah posting original. Dari seluruh pengguna yang aktif, mungkin tidak lebih dari 40 persen yang selalu mengunggah posting original setiap pekan.

Dugaan lain mengenai jumlah penurunan posting original adalah, aktivitas sharing bergeser ke layanan instan dari kompetitor Facebook. Misalnya Path yang berisi teman-teman pilihan, atau Snapchat yang mendorong pengguna merekam dan berbagi video singkat setiap hari.
(mks)
Komentar