Jumlah Harimau Liar Meningkat untuk Pertama Kalinya

Rabu, 13 April 2016 10:30
Jumlah Harimau Liar Meningkat untuk Pertama KalinyaHarimau liar @au.news.yahoo.com
Organisasi konservasi World Wildlife Fund (WWF) dalam rilis terbaru menginformasikan bahwa jumlah harimau liar di seluruh dunia mengalami peningkatan untuk pertama kalinya sejak satu abad terakhir.

WWF bersama Tiger Forum awal pekan ini melaporkan bahwa setidaknya ada 3.890 (kebanyakan di Asia) harimau liar. Artinya jumlah tersebut meningkat sekitar 690 ekor dari prakiraan tahun 2010 yang hanya sekitar 3.200 ekor.

Kenaikan tersebut tentu menjadi kabar baik atas laporan penurunan populasi harimau dari tahun ke tahun sejak 100 tahun belakangan. Bahkan, populasi harimau sempat dikabarkan akan segera punah karena perburuan dan pembakaran hutan, dilansir New York Times.

Dalam laporan sebelumnya, disebutkan bahwa harimau liar telah mengalami penurunan sejak tahun 1.900. Saat itu, diperkirakan jumlah harimau liar masih berkisar 100 ribu ekor.

Direktur Umum WWF International, Marco Lambertini mengatakan, "Untuk pertama kalinya setelah beberapa dekade penurunan konstan, angka harimau kembali naik. Kenaikan jumlah harimau itu membuka harapan besar dan peluang untuk lebih menyelamatkan hewan tersebut."

Penyebab kenaikan jumlah harimau ini, salah satunya adalah karena beberapa negara sudah memberikan lebih banyak teritorial guna kepentingan survei nasional bagi pendataan.

Beberapa negara yang mengalami peningkatan jumlah terbesar di antaranya adalah India, Rusia, Nepal, Bhutan, Indonesia, Malaysia, Thailand, Bangladesh, China, Vietnam, dan Laos dengan single digit. Perkiraan ini adalah berdasarkan data International Union for Conservation of Nature, perkiraan pemerintah, dan pengamatan kelompok konservasi.

Para pelaku survei menggunakan kamera tersembunyi yang dipasang di hutan untuk melacak dan menghitung harimau liar. Kamera tersebut juga sekaligus digunakan untuk memantau jejak manusia sehingga bisa diantisipasi dengan cepat jika terjadi perburuan liar.
(mks)
Komentar