Lazada Dibeli Alibaba Rp 13 Triliun

Rabu, 13 April 2016 09:45
Lazada Dibeli Alibaba Rp 13 TriliunAlibaba @cnbc.com
Perusahaan e-commerce asal China, Alibaba akhirnya setuju untuk membeli saham toko online Asia Tenggara, Lazada senilai USD 1 miliar atau lebih sekitar Rp 13 triliun demi mengembangkan bisnis e-Commerce Lazada, Selasa (12/4/2016).

Dalam kesepakatan tersebut Alibaba akan membeli USD 500 juta saham Lazada yang baru dikeluarkan. Sisanya akan dibeli dari beberapa pemegang saham yang sudah ada saat ini, demikian dilansir CNBC.

Direktur Alibaba, Michael Evans mengatakan jika investasi yang dilakukan perusahaannya ini akan mendukung rencana ekspansi Alibaba di pasar Asia Tenggara.

Evans mengatakan, "Dengan investasi di Lazada, Alibaba akan mengumpulkan akses ke platform besar dan menumbuhkan basis pelanggan di luar China."

Lebih lanjut ia menjelaskan jika langkah ini adalah bentuk pembuktian Alibaba untuk memberikan fondasi bagi pertumbuhan e-commerce di wilayah yang berpotensi menjadi kiblat pasar dunia di era mendatang.

Hal yang sama juga dikatakan oleh CEO Lazada, Max Bittner. Ia mengatakan jika akuisisi ini juga akan berdampak baik bagi pangsa Lazada di Asia Tenggara. "Transaksi ini akan mempercepat tujuan kami memberikan 560 juta pelanggan di kawasan dalam memperluas dan menyediakan paling unik dalam produk," ujarnya.

Sejauh ini, laporan perusahaan konsultal Forst & Sullivan mengatakan jika pasar Lazada di Asia Tenggara telah hadir di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Dengan jangkauan tersebut, selama tahun 2015 saja Lazada berhasil meraup valuasi hingga USD 1,5 miliar.
(mks)
Komentar