Akhirnya! Mobil Esemka Siap Dipasarkan Agustus

Selasa, 12 April 2016 18:00
Akhirnya! Mobil Esemka Siap Dipasarkan AgustusPresiden Jokowi diarak naik Mobil Esemka @kompas.com

Nasib mobil karya anak bangsa, Mobil Esemka akhirnya mendapatkan kepastian. PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), perusahaan gabungan antara PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK) memastikan bahwa Mobil Esemka akan dipasarkan pada Agustus depan.

"Juni semoga sudah bisa diperkenalkan. Juli akan kita tes ke mana-mana. Moga-moga Agustus sudah bisa dipasarkan," ujar Hosea Sanjaya, Managing Director PT ACEH.

Sejauh ini mobil Esemka sudah diuji di luar negeri. "Tapi di Indonesia sendiri belum uji jalan," tambahnya.

-mobil-esemka.

Hosea menambahkan, izin prinsipal Mobil Esemka atas nama a PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK). Nantinya, proses produksi akan dilakukan di dua pabrik mereka, yakni di Boyolali sebagai pabrik perakitan dan Cileungsi sebagai basis industri.

Lebih lanjut, mobil pertama yang diproduksi bukan mobil penumpang, melainkan mobil komersil.

"Esemka harus punya produk yang segmennya lengkap. Strategi masuk awalnya kita fokus ke mobil komersil untuk wilayah pedesaan," tambahnya.

Produksi mobil komersil ini sejalan dengan keinginan Kementerian Perindustrian. Dalam kunjungannya beberapa waktu lalu, Menperin Saleh Husin menilai jika Mobil Esemka sudah bisa langsung bermain di sektor mobil komersil.

(Nay)
Komentar