Ditemukan Lubang Hitam Raksasa, Besarnya 17 Kali Lipat Matahari

Selasa, 12 April 2016 16:40
Ditemukan Lubang Hitam Raksasa, Besarnya 17 Kali Lipat MatahariIlustrasi Lubang Hitam @zeromag.eu
Astronom dunia dikejutkan dengan penemuan lubang hitam raksasa bernama NGC 1600. Astronom mengatakan jika lubang hitam tersebut merupakan yang terbesar dari seluruh lubang hitam yang pernah ditemukan, yakni 17 kali lipat lebih besar dari Matahari.

Menariknya, lubang hitam NGC 1600 ini hanya berjarak 200 juta tahun dari Bumi dan berada di wilayah yang dihuni oleh sekitar 20 galaksi. Namun, beberapa peneliti mengatakan jika lubang ini bukanlah yang terbesar, karena ada lubang hitam yang ukurannya 21 kali lebih besar dibanding Matahari.

'Supermasive black hole' ini memiliki berat kira-kira setara 10 juta Matahari serta umumnya ditemukan di pusat galaksi besar yang berada di wilayah padat. Saking besarnya, NASA menggambarkan NGC 1600 sebagai gedung pencakar langit di tengah kota kecil.

Lubang hitam raksasa ini diukur dari 'pergerakan bintang dalam pengaruhnya' melalui teleskop Gemini Observatory di Hawaii dan Chile.

Dari penelusuran tersebut, astronom Chung-Pei Ma mengatakan jika bintang-bintang tersebut bergerak cepat karena pengaruh sebuah wilayah yang memiliki lubang hitam raksasa.

Sejauh ini astronom masih kebingungan menentukan penyebab ukuran lubang hitam yang sangat besar itu. Beberapa peneliti menduga jika lubang hitam itu adalah gabungan dua atau lebih lubang hitam.
(mks)
Komentar