Mobil Ciptaan Mahasiswa ITS Juara Se-Asia Pasifik

Selasa, 12 April 2016 13:20
Mobil Ciptaan Mahasiswa ITS Juara Se-Asia PasifikTim Mahasiswa ITS Surabaya @bdulkarim.com
Ilmuwan muda Indonesia kembali berprestasi di kancah Internasional. Kali ini giliran mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang berhasil mengharumkan nama Indonesia. Mobil buatan mereka menjuarai kompetisi mobil elektronik tingkat Asia Pasifik di Malaysia, Sabtu (9/4).

Mahasiswa ITS berhasil merancang Mobil Spektronics X Reborn yang menjuarai turnamen 11th Chem-E-Car Competition di Universiti Teknologi Malaysia. X Rebon menyabet juara dalam kategori Best Poster.

Salah satu mahasiswa yang terlibat, Argeomenta Lisya mengatakan jika X Rebon merupakan purwarupa mobil yang menggunakan energi yang berasal dari reaksi kimia. Jika dibanding mobil tim negara lain, mobilnya lebih unggul dalam beberapa hal, yang paling penting adalah kelengkapan poster.

Poster yang dibuat di X Rebon menurut Lisya lebih lengkap dari mobil-mobil buatan negara lain. "Poster yang kami buat ada deskripsi mobilnya, cara menjalankan mobil, strategi menyelesaikan challenge serta sumber energi dari mobil itu sendiri," ujarnya.

Selain itu, Lisya juga menambahkan beberapa informasi mengenai ketentuan keamanan, desain model, serta biaya yang dibutuhkan untuk setiap jarak yang ditempuh. Mobil tersebut memerlukan dana sekitar Rp 20 untuk setiap satu meter jarak tempuh.

X Rebon dalam kompetisi ini berhasil melewati tantangan-tantangan yang diberikan secara lancar. Beberapa di antaranya adalah memasukkan bola golf ke dalam gawang menggunakan papan pantul atau menjatuhkan pin bowling mini menggunakan bola golf.

"Berbagai persiapan yang kami lakukan di antaranya membuat desain chem-e-car sesuai dengan challenge yang akan dihadapi, mengumpulkan semua variabel yang memengaruhi performa chem-e-car, dan melakukan optimasi pada semua variabel dengan serangkaian riset yang dilakukan," tandas mahasiswa Teknik Industri tersebut.
(mks)
Komentar