Ibu Paksa 4 Anaknya Mengemis, Ditarget Dapat Rp 100 Ribu

Rabu, 06 April 2016 07:30
Ibu Paksa 4 Anaknya Mengemis, Ditarget Dapat Rp 100 RibuAnak-anak mengemis korban eksploitasi @kompas.com

Aksi eksploitasi anak yang dilakukan orangtuanya terjadi di Kota Pekanbaru. Ibu berinisial EO dilaporkan ke Mapolresta Pekanbaru karena memaksa 4 orang anak kandungnya untuk mengemis.

Ketua LPA Riau, Esther Yuliani mengatakan, EO memaksa empat anaknya yang berinisial CRB, NAB, FAF, dan IB. Karena korban masih di bawah umur, kasus yang dilakukan wanita 36 tahun itu ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Pekanbaru oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Riau.

"Tiga anak masih sekolah, yang pertama berusia 16 tahun. Sementara anak kedua dan ketiga di sekolah dasar serta anak paling kecil belum sekolah," kata Esther.

EO melakukan eksploitasi itu seorang diri tanpa dibantu suaminya karena sakit.

"Suami dari EO ini sakit dan tidak tahu apa yang diperbuat sama istrinya. Jadi, dugaan eksploitasi ini dilakukan oleh EO," jelas Esther.

Dalam sehari, EO memaksa anak-anaknya harus bisa mengumpulkan uang Rp 100 ribu dari kegiatan mengemisnya.

"Jadi ada targetnya, Rp 100 ribu per hari setiap anak. Kalau tidak sampai, EO diduga melakukan kekerasan terhadap anaknya," ucap Esther.

Wakil Kepala Polresta Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono membenarkan adanya laporan eksploitasi anak ini. Dia mengatakan pihaknya masih mendalami dan mencari motif EO.

"Ada juga anak yang bekerja dengan niat tulus membantu ekonomi orangtuanya dan ada juga yang dipaksa. Kita harus tahu alasannya," pungkas Putut.

(Nay)
Komentar