Unik, Aplikasi Mahasiswa Binus Bisa untuk Cari Jodoh

Selasa, 05 April 2016 15:00
Unik, Aplikasi Mahasiswa Binus Bisa untuk Cari JodohUniversitas Bina Nusantara @kevinwidjaja.blog.binusian.org
Ilmuwan muda Indonesia tak henti-hentinya memunculkan karya yang mengesankan di dunia teknologi. Kali ini tiga mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus) berhasil membuat aplikasi bernama Big 5 Traits Personality Prediction yang mampu mengenali kepribadian seseroang.

Dosen pembimbing dalam penelitian ini, Derwin Suhartono mengatakan jika sebenarnya bukan aplikasi yang mendeteksi perilaku seseorang, melainkan postingan yang dikirimkan oleh pengguna di Twitter.

Dari postingan itulah, peneliti melakukan ekstraksi ciri-ciri karakter secara otomatis melalui aplikasi Big 5 Traits Personality Prediction.

Derwin mengatakan, "Dari ekstraksi ciri-ciri ini lah bisa diprediksi kepribadian dari user Twitter tersebut, setelah memasukkan ID Twitter ke dalam aplikasi. Aplikasi Big 5 Traits Personality Prediction sangat bermanfaat bagi tim rekrutmen di sebuah perusahaan dalam menjaring karyawan baru."

Selama ini sarana untuk menilai karakter seseorang hanya berdasarkan wawancara dan kuesioner. "Makanya kami mencoba sistem prediksi kepribadian seseorang secara objektif yang diambil dari media sosial yang bersangkutan, yakni menggunakan ID Twitter-nya."

"Jadi, aplikasi ini cocok untuk HRD atau bahkan mencari jodoh, ingin tahu karakter orang lewat cuitan di Twitter," ujar salah satu mahasiswa yang terlibat, Albert Wijaya.

Big 5 Traits Personality Prediction belum tersedia di toko aplikasi online. Namun para peneliti akan menargetkannya hadir di Play Store tahun ini, tepatnya akhir tahun.

"Kami akan dorong terus aplikasi ini agar akurasinya lebih matang. Tak hanya bisa menilai karakter seseorang lewat teks di Twitter, tapi juga nantinya kami ingin satu paket. Jadi, aplikasi ini bisa memprediksi kepribadian seseorang bisa lewat Facebook, Youtube dengan videonya, atau Instagram dengan fotonya," kata Derwin.

Aplikasi ini memiliki cara kerja yang cukup serderhana, yakni setelah pengguna memasukkan ID Twitter seseorang, maka aplikasi akan menunjukkan karakter sang pemilik ID berdasarkan 50 tweet terakhir yang diunggah.

Ada lima karakter yang digunakan aplikasi untuk memprediksi perilaku seseorang, yakni Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, serta Openness.

Albert menjelaskan, "Extraversion kecenderungan lebih supel dan ekspresikan diri, ini lawannya Introvert, yang lebih pendiam dan privat hidupnya. Lalu, Agreeableness, yakni orang yang tingkat toleransinya tinggi."

"Conscentiousness, ialah seseorang yang punya sifat teratur. Artinya, jadwal kegiatannya lebih berjalan sistematis dan jelas. Sementara itu, Neuroticism, kondisi seseorang yang tingkat amarahnya cukup tinggi dan cenderung tidak stabil"

"Dan, Openness, seseorang yang mempunyai keterbukaan cara berpikir dan mau menerima hal-hal baru," sambungnya.

Unduh aplikasinya di tautan berikut ini.
(mks)
Komentar