Bisa Bobol Pentagon, Hacker Akan Dapat Rp 1,97 Miliar!

Selasa, 05 April 2016 14:30
Bisa Bobol Pentagon, Hacker Akan Dapat Rp 1,97 Miliar!Pentagon @cnn.com
Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuka sebuah kompetisi untuk hacker dengan hadiah miliaran rupiah. Kompetisi bertajuk Hack the Pentagon tersebut ditujukan untuk meretas sistem keamanan Pentagon.

Pentagon telah menyiapkan hadiah USD 150 ribu atau setara Rp 1,97 miliar bagi hacker yang berhasil menemukan celah sistem keamanan organisasi tersebut. Namun, ada beberapa kriteria untuk hacker yang ingin mengikutinya.

Hacker harus memilki nomor jaminan sosial Amerika Serikat, bersedia bekerja di Amerika Serikat, dan menyetujui pemeriksaan latar belakang kriminal untuk menerima hadiah jika menang.

Menteri Pertahanan AS, Ash Carter mengatakan, "Inisiatif ini akan menempatkan departemen keamanan siber untuk melakukan uji coba dengan cara inovatif, tapi bertanggung jawab."

Tak ingin setengah-setengah, Carter berharap jika hacker yang ikut agar mengeluarkan kemampuan terbaik mereka. Ini adalah kali pertama program pencarian bug yang dijalankan pemerintah Amerika Serikat.

Sementara untuk perusahaan teknologi, kompetisi mencari bug lebih dulu dilakukan oleh Facebook, Google, hingga perusahaan transportasi online Uber.

Untuk menjalankan kompetisi ini, Departemen Pertahanan AS bekerjasama dengan platform keamanan HackerOne. CEO HackerOne, Marten Mickos mengatakan jika program ini bisa menjadi latihan terbaik bagi organisasi manapun untuk memberikan sistem keamanan luar biasa.
(mks)
Komentar