Yunani Mulai Usir Ratusan Pengungsi Balik ke Turki

Selasa, 05 April 2016 17:00
Yunani Mulai Usir Ratusan Pengungsi Balik ke TurkiPengungsi Turki di Pulau Lesbos, Yunani @rt.com

Kepolisian Yunani di Pulau Lesbos mengetatkan penjagaan sesuai dengan Undang-undang mengembalikan pengungsi ke asal mereka, Turki.

"Semua pendatang yang dikembalikan itu berasal dari Pakistan, kecuali dua imigran dari Suriah yang kembali secara sukarela," ucap Giorgos Kyritsis, juru bicara Komite Krisis Pengungsi.

Dia mengatakan, sebanyak 136 orang dideportasi dari Lesbos dan 66 lain dari Pulau Chios. Pengusiran diwarnai bentrokan antara polisi dan warga yang menentang selama beberapa jam.

Pengusiran para pengungsi oleh otoritas Yunani mendapat kecaman dari kelompok hak asasi manusia, dilansir dari Reuters, Senin (4/4).

Menteri Dalam Negeri Turki Efkan Ala menuturkan negaranya siap menerima 500 pengungsi. Sedangkan Yunani bersedia menampung 400 pengungsi namun jumlah itu bisa berubah.

Uni Eropa menandatangani kesepakatan dengan Turki pada Maret 2016 terkait krisis pengungsi paling buruk sejak Perang Dunia dengan melibatkan 1 juta orang yang dibawa ke daratan Eropa. Salah satu poin kesepakatan itu adalah menghentikan arus pengungsi baru melalui jalur Turki.

(Nay)
Komentar