Mahasiswa Semarang Juarai Kontes Robot di Amerika

Selasa, 05 April 2016 11:15
Mahasiswa Semarang Juarai Kontes Robot di AmerikaRobot buatan mahasiswa Semarang @detik.com
Prestasi yang membanggakan dipersembahkan oleh tiga mahasiswa Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah. Robot yang mereka kembangkan berhasil menjadi juara umum lomba cipta robot pemadam kebakaran bertajuk Trinity College Fire Fighter Home Robot Contest di Amerika Serikat.

Tim yang mewakili Indonesia untuk berlaga di Negeri Paman Sam pada 2-3 April ini terdiri dari Faizal Aminuddin Aziz (22), La Ode Muhamad Idris (21), dan Ahmad Zuhri (21). Mereka tergabung dalam tim Robotik Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Unissula.

Robot buatan ketiga mahasiswa ini berhasil mengalahkan 80 peserta lain dari negara-negara maju yang ikut, termasuk Tiongkok, Israel, bahkan Amerika Serikat sendiri yang menjadi tuan rumah.

La Ode Muhamad Idris mengatakan, "Kami sangat bersyukur kepada Allah bisa menjadi juara umum di negara yang selama ini menjadi kiblat kemajuan teknologi dunia."

Robot yang mereka buat berhasil menyabet beberapa kategori meliputi juara I kategori senior robot pemadam kebakaran api beroda, juara I dan II pada kelas robot pemadam kebakaran api berkaki, penghargaan robot dengan performa terbaik, dan best score di level 2 dan 3.

Beberapa robot yang diikutsertakan adalah Khaum I dan Khaum II serta dua robot pemadam api berkaki yang diberi nama Sultan Agung I dan Sultan Agung II.

"Kami sebagai wakil resmi Indonesia sangat bangga bisa mengibarkan bendera merah putih dengan penuh rasa bangga sebagai putra Indonesia," ujar Idris yang sangat bangga bisa mengibarkan bendera Merah Putih dan disaksikan berbagai perwakilan negara maju.
(mks)
Komentar