Axioo Cari 1.000 Lulusan SMK Siap Kerja

Selasa, 05 April 2016 09:45
Axioo Cari 1.000 Lulusan SMK Siap KerjaDirektur Axioo Class Program, Timmy Theopelus (paling kiri) @liputan6.com
Produsen komputer lokal, Axioo kini telah membuka program pelatihan 'Axioo Development Program' untuk para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang nantinya berkesempatan untuk menjadi pegawai Axioo.

Program pelatihan ini merupakan kelanjutan dari Axioo Class Program yang tujuannya untuk menyiapkan agar lulusan SMK siap bekerja, demikian dikatakan oleh Direktur Axioo Class Program, Timmy Theopelus.

Timmy menambahkan, program ini dibuat karena dalam beberapa tahun terakhir perusahaan kesulitan mencari karyawan yang siap kerja. "Ada banyak lulusan teknisi yang melamar, tapi tidak qualified, tidak siap dengan yang kita butuhkan" ujarnya.

Menurutnya, ia memilih SMK karena merupakan gudang sumber daya manusia (SDM). Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jika dalam lima tahun terakhir SMK menyumbang pengangguran tertinggi di Indonesia.

Setiap tahun setidaknya 7,4 juta orang menjadi pengangguran baru di Indonesia. Dan 12 persen dari angka tersebut adalah lulusan SMK dan sederajat. Hal ini dikarenakan ketidaksiapan kerja dari masing-masing lulusan.

"Apa yang dipelajari di sekolah berbeda sekali dengan apa yang dipakai di dunia industri, terutama industri IT. Di lain sisi, industri IT bergeraknya/berubahnya cepat sekali," ujar Timmy.

Untuk itulah ia membuat program ini dan diharapkan agar siswa SMK bisa belajar kurikulum IT sesuai standart yang mereka buat sehingga dapat ditetapkan sebagai karyawan.

Hingga akhir tahun ini, Axioo berharap pihaknya bisa merekrut 1.000 SDM dari lulusan SMK. Untuk pelatihan pertama, akan digelar di Jakarta Islamic School, Jakarta Timur.
(mks)
Komentar