Gas Seukuran Jupiter Ditemukan di Sistem Tiga Bintang

Senin, 04 April 2016 20:15
Gas Seukuran Jupiter Ditemukan di Sistem Tiga BintangIlustrasi sistem tiga bintang @newsnation.in
Ilmuwan kebingunan dengan ditemukannya gas raksasa sebesar planet Jupiter mengorbit di bintang Kelt A, salah satu bintang yang ada pada sistem tiga bintang. Ilmuwan mengatakan jika gas tersebut juga bisa dianggap sebagai planet karena memiliki lintasan orbit.

Planet yang ditemukan disebut sebagai Kelt-4Ab, yakni planet keempat yang menempati sistem tiga bintang. Planet ini mengorbit bintang Kelt A sekitar tiga hari sekali.

Sistem tiga bintang adalah sistem yang mempunyai tiga bintang, di antaranya Kelt A, Kelt B, dan Kelt C. Sementara planet di sistem ini (termasuk Kelt-4Ab) mengorbit pada satu bintang yang paling berat, Kelt A.

Selain empat planet mengorbit pada bintang Kelt A, dua bintang lain, yakni Kelt B dan Kelt C juga mengorbit pada Kelt A dengan rentang waktu mencapai 30 tahun atau bahkan lebih. Cahaya kedua bintang ini tidak terlalu terang hanya seperti bulan karena jaraknya dari Kelt A sangat jauh.

Di awal penemuannya, ilmuwan menduga jika sistem Kelt ini hanya satu bintang. Namun, berbagai penelitian lanjutan menemukan bahwa sistem tersebut adalah biner sehingga ilmuwan menyimpulkannya sebagai sistem tiga bintang.

Ilmuwan dapat melihat segala aktivitas di sistem tiga bintang ini, termasuk ditemukannya gas raksasa sebesar Jupiter melalui sepasang teleskop kontrol robotik, Kilodegree Extremely Little Telescope (KELT).
(mks)
Komentar