Puncak Internet Indonesia Tercepat ke-6 Dunia

Senin, 04 April 2016 13:40
Puncak Internet Indonesia Tercepat ke-6 DuniaIlustrasi @techlila.com
Untuk masalah kecepatan internet, Indonesia sebenarnya tidak terlalu buruk dibanding negara lain. Bahkan menurut survei perusahaan internet Akamai Technologies, Indonesia berada di peringkat ke-6 dalam tingkat global.

Di kuartal keempat tahun lalu, Indonesia memiliki kecepatan puncak internet rata-rata mencapai 79,8 Mbps. Angka tersebut telah meningkat 157 persen dibanding kuartal sebelumnya dan 495 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam laporan State of the Internet terbaru, Akamai menulis, "Indonesia mengalami peningkatan terbesar dalam hal rata-rata kecepatan puncak pada kuartal IV 2015 dengan peningkatan 157 persen."

"Peningkatan besar ini bisa jadi disebabkan oleh server tambahan milik Akamai yang dipasang di operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia," lanjut laporan tersebut.



Selain server tambahan, alasan lain yang bisa mendukung kecepatan internet di Indonesia adalah diterapkannya teknologi 4G LTE yang sudah digalakkan sejak akhir tahun 2014 lalu.

Di bawah Indonesia, ada Mongolia, Taiwan, Qatar dan Rumania. Sementara di peringkat pertama sampai kelima ditempati Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, Macau, dan Jepang, dilansir Malaysian Wireless.
(mks)
Komentar