Korut Resmi Blokir Facebook dan Twitter

Sabtu, 02 April 2016 18:30
Korut Resmi Blokir Facebook dan TwitterIlustrasi mengakses Facebook @reuters.com
Korea Utara dengan tegas tidak memperbolehkan warganya mengakses media sosial. Negara yang dipimpin Kim Jong-un tersebut resmi memblokir situs seperti Facebook, Twitter dan situs media sosial lainnya.

Korut melakukan keputusan ini untuk menghindari segala kemungkinan mengenai tersebarnya informasi secara online. Pengumuman ini dibuat dan diterapkan mulai 1 April 2016.

Selain media sosial, pemerintah Korut juga memblokir situs-situs porno. Facebook dan Twitter sendiri sebelumnya telah diblokir beberapa waktu lalu, namun secara tidak resmi.

Pemerintah akan menghukum warga yang ngotot mengakses situs-situs yang telah diblokir. Perlu diketahui, selama ini hanya beberapa orang saja di Korut yang memiliki akses internet, dilansir Indian Express, Jumat (1/4).

Dengan diterapkannya larangan ini, beberapa komunitas kecil setempat dipastikan tidak akan bisa membagikan informasi mengenai negara mereka ke luar negeri. Aturan ini juga membatasi Korut untuk melihat informasi mengenai negara mereka yang dipublikasi negara lain.

Sejauh ini ada 2 juta orang Korut yang telah menggunakan ponsel, namun hanya sedikit yang diperbolehkan mengakses internet. Pengunjung Korut juga diharuskan memakai SIM lokal untuk mendapatkan jaringan operator.
(mks)
Komentar