Ledakan Dahsyat di Jupiter Terlihat dari Bumi

Jum'at, 01 April 2016 23:00
Ledakan Dahsyat di Jupiter Terlihat dari BumiLedakan di Jupiter @cbc.ca
Ilmuwan mengatakan jika planet terbesar di galaksi Bima Sakti, Jupiter telah dihantam benda asing. Menariknya, ledakan dahsyat tersebut berhasil terekam sebuah teleskop yang ada di Bumi.

Astronom Austria mengunggah video yang memperlihatkan kilatan kecil di bagian kanan dari planet Jupiter. Ledakan itu diperkirakan sangat luar biasa karena sampai terlihat dari Bumi.

Kredibilitas video tersebut awalnya diragukan karena isu teksi kerap melanda teleskop. Namun, video yang sama ternyata juga berhasil diambil oleh astronom di Irlandia.

Kedipan kecil di planet yang ukurannya lebih besar dari bumi 120 kali tentu itu bukan kedipan yang biasa, bisa saja kedipan itu seperti efek bom nuklir yang terjadi di Bumi.

Jupiter sendiri mempunyai gravitasi lebih besar dibanding Bumi. Jika kita mengabaikan kecepatan orbital, sebuah objek punya kecepatan 5 kali lebih tinggi jika menghantam Jupiter, sehingga dampak energinya menjadi 25 kali lebih kuat.

Asteorid Chelyabinsk yang menghantam Rusia tahun 2013 lalu mempunyai dampak yang dahsyat meski sudah terbakar sebelum mencapai bumi. Jika saja asteroid berukuran 19 meter tersebut menghantam Jupiter, tentu akan lebih mengerikan.

Lihat video ledakan dahsyat tersebut pada video di atas!
(mks)
Komentar