Ada Wajah Pele di Iklan, Samsung Digugat Rp 393 Miliar

Jum'at, 01 April 2016 18:15
Ada Wajah Pele di Iklan, Samsung Digugat Rp 393 MiliarAda wajah mirip wajah Pele di iklan Samsung @androidauthority.com
Samsung kembali tersandung masalah setelah menerbitkan iklan produk terbarunya beberapa waktu lalu. Legenda sepakbola asal Brasil, Pele menggugat Samsung senilai USD 30 juta (Rp 393 miliar) karena dalam iklan itu terlihat wajah sangat mirip dengannya.

Iklan yang diterbitkan di New York Times pada Oktober 2015 itu memperlihatkan wajah seorang pria tersenyum dan di sisi lain ada pemain sepakbola melakukan teknik sepakan menggunting.

Meski Samsung tak menyebutkan nama Pele, namun pria berusia 75 tahun tersebut merasa jika wajah yang dihadirkan Samsung sangat mirip dengannya.

Samsung dan Pele sendiri memang sempat bernegoisasi soal iklan pada tahun 2013 lalu. Namun kala itu keduanya tak mencapai kesepatakan. Samsung membatalkan negosiasi di saat-saat terarkhir, demikian ujar kuasa hukum Pele, Fred Sperling.

Dilansir independent.co.uk, Fred mengatakan, "Mereka tak punya hak untuk menggunakan identitas Pele dalam format apa pun."

Oleh karena itulah ia menginginkan agar Samsung memberikan kompensasi kepada kliennya dengan penayangan iklan itu. Di sisi lain, juru bicara Samsung, Danielle Meister Cohen enggan menanggapi gugatan tersebut.
(mks)
Komentar