Potensi Indonesia Besar, Tapi Kurang Developer Berkualitas

Jum'at, 01 April 2016 13:50
Potensi Indonesia Besar, Tapi Kurang Developer BerkualitasAplikasi smartphone @pcadvisor.co.uk
Indonesia adalah salah satu negara yang punya potensi besar karena sebagian besar masyarakat sudah menggunakan smartphone. Sayangnya, dari rata-rata 30 aplikasi yang dipasang pengguna, sebagian besar adalah buatan luar negeri.

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami mengatakan jika potensi besar Indonesia bisa dilihat dari pengguna internet melalui smartphone mencapai 34 persen dari populasi Indonesia.

Veronica mengatakan, "Perkiraan kami tahun ini perkembangannya dobel digit. Sebagian besar mengakses internet lewat smartphone. Malah jumlah SIM card lebih banyak dari populasi smartphone."

Menurutnya, Indonesia masih belum mempunyai bakat-bakat lokal di bidang pengembangan aplikasi. Terbukti dari jajaran aplikasi top di Google Play tidak ada aplikasi buatan anak bangsa.

"Jadi kalau kita me-ranking, only 1 out of 1.000 Top Global Apps, hanya satu yang dari Indonesia, Go-Jek. Padahal kan kebutuhannya besar dan ada pasarnya, cuma aplikasinya yang benar-benar bagus dan dipakai banyak orang, belum banyak," ujarnya.

Seiring dengan pertumbuhan internet, media sosial dan keperluan digital lainnya, Veronica menduga jika potensi pasar aplikasi akan semakin besar di masa mendatang. Bahkan membeli aplikasi akan menjadi hal yang wajar bagi pengguna smartphone.

"Kalau dulu via kartu kredit penetrasinya masih kecil. Sekarang cara pembayarannya semakin mudah, sudah dibuka pembayaran lewat potong pulsa. Market aplikasi semakin lama semakin besar," lanjutnya.

Untuk itulah pihaknya akan membantu pengembang lokal dalam pengembangan aplikasi berkualitas, salah satunya dengan program Google for Mobile. Ratusan pengembang lokal diundang untuk berguru langsung dengan sejumlah pengembang Google secara gratis.
(mks)
Komentar