Ilmuwan Mampu Ciptakan Kloning Manusia?

Jum'at, 01 April 2016 12:50
Ilmuwan Mampu Ciptakan Kloning Manusia?Ilustrasi kloning @discovery.com
Manusia adalah mahkluk dengan struktur yang paling kompleks yang pernah ada. Kode genetik manusia di dalam DNA yang merupakan bagian kecil dari tubuh manusia saja menyimpan lebih dari 1,5 gigabyte informasi.

Yang lebih mengagumkan, 99,9 persen dari informasi dalam DNA manusia sama dengan manusia lain. Artinya hanya ada 0,1 persen atau sekitar 1 megabyte informasi yang sifatnya individual, demikian dilansir Huffingtonpost.

Sejauh ini, peneliti bahkan telah mengembangkan organ manusia secara struktural yang kemungkinan akan melahirkan kembali seseorang yang telah mati dengan memori yang utuh melalui informasi-informasi yang terkandung dalam DNA.

Kelahiran kembali seseorang mungkin saja terjadi karena pengetahuan ilmuwan tentang gen manusia nyaris sempurna. Kehebatan teknologi dan penelitian yang tak ada habisnya membuat ilmuwan menguasai bagian-bagian yang ada di dalam DNA manusia.

Pembelajaran mengenai DNA dan stem cell akan memunculkan harapan bahwa ilmuwan mampu melahirkan kloning. Hal ini juga didukung dengan adanya pengembangan organ dari embryonic stem cell yang telah menuai kesuksesan.

Selanjutnya, ilmuwan perlu menambahkan emosi ke dalam kloning manusia. Ahli saraf telah melakukan pemetaan pada otak manusia dan mencoba memahami fungsi dari saraf, termasuk bagaimana cara antar saraf berkomunikasi.

Sejumlah penelitian yang dilakukan mengenai saraf sejauh ini masih tidak membuktikan hal-hal yang penting. Para pakar masih belum mampu mengerti bagaimana neuron terkoneksi satu sama lain, untuk menyimpan dan membagi informasi di dalam otak.

Kesimpulannya ilmuwan masih kesulitan untuk mewujudkan kloning manusia. Namun, secara harfiah sebenarnya manusia bisa terlahir kembali secara biologis. Struktur genetis dan fisik bisa dikembangkan dari embryo. Hanya saja, memori yang sifatnya kompleks sangat sulit disisipkan ke tubuh manusia yang baru tersebut.
(mks)
Komentar