Wow! Bos Google Setahun Dibayar Rp 1,3 Triliun

Kamis, 31 Maret 2016 17:45
Wow! Bos Google Setahun Dibayar Rp 1,3 TriliunCEO Google, Sundar Pichai @indianexpress.com
Pernahkah Anda memperkirakan seberapa besar gaji pemimpin perusahaan teknologi dunia sekelas Google? Google kini dipimpin oleh pria muda asal India bernama Sundar Pichai menggantikan Larry Page yang kini memimpin Alphabet Inc.

Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat belum lama ini telah mengungkap bahwa gaji bos Google dalam setahun lebih dari USD 100 juta (Rp 1,3 triliun), belum termasuk imbalan perusahaan sebesar USD 625.500 (Rp 8,6 miliar) ditambah saham terbatas USD99,8 juta, serta kompensasi USD 22.935 (Rp 300 juta).

Saham terbatas milik Pichai pada bulan Februari lalu bahkan telah menjadi USD199 juta, merupakan hadiah terbesar yang pernah diraih oleh petinggi Google selama ini, dilansir Bloomberg.

Pichai memulai karir di Google sejak tahun 2004, di mana ia bergabung sebagai VP Manajemen produk. Ia kala itu memimpin tim yang bekerja pada browser dan sistem operasi Google Chrome.

Pada September 2008, Pichai mengawasi kesuksesan peluncuran web browser Chrome dan tak lebih dari setahun ia menghadirkan Chrome sebagai sistem operasi netbook dan komputer.

Maret tahun 2013 Pichai menjabat sebagai CEO Android karena Andy Rubin mengundurkan diri. Berbagai prestasi yang telah diraih selama menjabat sebagai CEO Android inilah, Pichai kemudian diangkat menjadi pemimpin tertinggi Google pada Agustus tahun 2015.
(mks)
Komentar