Ilmuwan Temukan Planet Tata Surya ke-9?

Jum'at, 01 April 2016 06:30
Ilmuwan Temukan Planet Tata Surya ke-9?Ilustrasi @5dreal.com
Ilmuwan yang memiliki peran penting terhadap penghapusan Pluto sebagai planet tata surya, Mike Brown mengatakan jika dirinya telah mendapat bukti baru mengenai keberadaan planet ke-9, dilansir Engadget, Kamis (31/3).

Bersama dengan peneliti Konstantin Batygin, Brow mengetahui planet ke-9 tersebut melalui pergerakan beberapa objek di sabu Kuiper Belt. Brown pun memperlihatkan adanya gerakan kembali di sabuk tersebut.


Brown yakin jika pergerakan itu dipengaruhi oleh massa yang besar yang diperkirakan adalah planet ke-9 atau planet X. Pergerakan itu terdeteksi oleh teleskop Canada France Hawaii yang memang digunakan untuk mengamati langit tata surya.

Temuan ini sendiri pernah diumumkan pada awal tahun 2016. Brown dan Batygin akan berupaya mengumpulkan bukti lebih banyak lagi untuk memastikan bahwa massa yang besar itu berasal dari sebuah planet yang diyakini berukuran lebih besar dari Neptunus.

Pengumuman planet X yang dilakukan Brown pada Januari lalu sempat diragukan NASA. Direktur Pengetahuan Planet NASA, Jim Green kala itu mengatakan, "Penelitian yang dipublikasi di jurnal Astronomical makin membuat kami semangat untuk mengeksplorasi planet lebih dalam lagi."

"Namun deteksi adanya planet baru masih terlalu dini untuk disimpulkan. Meski begitu kami tertarik untuk menelitinya. Jika memang ada maka kita akan menemukannya," ujarnya lagi.

Ilmuwan NASA, Alan Stern mengatakan bahwa prediksi ini dianggap umum. Sayangnya tak ada satupun yang bisa dibuktikan. "Ada sekitar lima sampai 10 prediksi seperti ini namun tak ada yang bisa membuktikannya. Jika memang mereka menemukannya, sepertinya itu bukan planet ke-9 melainkan nomor 19," ujarnya.
(mks)
Komentar