Cara Bikin CCTV dari Smartphone Android

Kamis, 31 Maret 2016 14:00
Cara Bikin CCTV dari Smartphone AndroidCCTV dari smartphone Android @flickr.com
Daripada smartphone Android Anda yang tidak terpakai terbengkalai, disulap menjadi CCTV adalah langkah yang cukup bagus. Ya, membuat CCTV dengan smartphone Android memang bisa dilakukan, bahkan caranya tergolong mudah.

Sebelumnya Anda harus mengunduh aplikasi Perch di Google Play secara gratis. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan cloud DVR dan pendeteksi gerakan. Untuk penyimpanan cloud, pengguna harus membayar biaya langganan Rp 135 ribu per bulan.

Langkah membuat CCTV dengan smartphone Android

1. Unduh Aplikasi Perch
2. Buat akun pada aplikasi tersebut



3. Atur smartphone menjadi kamera



4. Memberi nama kamera CCTV



5. Aktifkan audio perekaman
6. Sambungkan WiFi dan Sumber daya listrik
7. Tekan Play untuk mengaktifkan kamera CCTV



8. Selesai.

Dengan demikian, Anda kini sudah mempunyai CCTV yang dapat memantau rumah Anda dari berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, laptop, hingga komputer dengan cara mengunduh file yang telah tersimpan secara cloud.

Anda juga bisa membuka video kamera CCTV tersebut dari perangkat lain yang sudah memasang Perch atau dengan mengunjungi situs getperch.com. Di situs itu Anda juga bisa melakukan streaming dengan orang-orang yang sedang berada di rumah. Semua rekaman video dapat dilihat dengan mudah di situs ini.

Yang tak kalah menarik, Anda akan menerima email atau SMS di smartphone ketika sensor gerakan mendeteksi gerakan pada area yang ditandai. Selamat mencoba!
(mks)
Komentar