Dampak Positif & Negatif Sosmed Bagi Kehidupan

Kamis, 31 Maret 2016 13:00
Dampak Positif & Negatif Sosmed Bagi KehidupanMedia sosial @tech.co
Kepopuleran media sosial saat ini dibanding beberapa tahun lalu memang terlampau jauh. Saat ini, media sosial telah menjadi hal yang penting, bahkan bagi sebagian orang telah menjadi gaya hidup.

Selain mempunyai beberapa dampak positif, kehadiran media sosial dalam kehidupan manusia ternyata juga mempunyai dampak negatif. Apa dampak positif dan negatifnya?

Dampak Positif

1. Informasi meyebar dengan cepat

Segala jenis permasalahan yang ada di dunia ini dapat diketahui dengan mudah karena media sosial telah membuat informasi menyebar dengan sangat cepat.

2. Interaksi semakin mudah

Media sosial juga memungkinkan seseorang berinteraksi dengan mudah sehingga membuat koneksi seseorang menjadi sangat luas dan tidak terbatas pada wilayah. Hal ini lebih mudah karena seseorang bisa melihat apakah lawan bicara sedang online atau offline.

3. Terhubung secara global

Media sosial telah menembus batas wilayah dari orang yang satu ke orang yang lain. Dengan media sosial pula tulisan Anda tidak hanya bisa dibaca orang-orang di sekitar, melainkan juga lintas negara.

4. Rangkuman Informasi

Media sosial memungkinkan seseorang membuat rangkuman informasi melalui tanda tagar. Fitur ini akan menyaring segala sesuatu yang berkaitan dengan tren, acara, atau topik tertentu yang dikehendaki.

Dengan demikian, pengguna media sosial tak perlu repot mencari informasi mengenai apa yang banyak dibicarakan orang dalam kondisi tertentu, misalnya saat terjadi sebuah bencana.

5. Jaringan bisnis makin luas

Sebuah perusahaan kecil dapat mencapai jangkauan global dalam beberapa hari melalui media sosial. Entah itu melalui video yang menarik atau dengan berbagi pendapat. Anda bisa berbagi konsep bisnis sehingga orang lebih tertarik mengenal bisnis tersebut.

Dampak Negatif

1. Selfie

Selfie dengan kadar sewajarnya mungkin bukanlah hal yang negatif. Namun, dengan media sosial terkadang seseorang menjadi sangat tertarik untuk terus melakukan selfie dan memamerkannya di media sosial.

Selfie yang berlebihan tentu akan mempengaruhi produktivitas seseorang, bahkan selfie ekstrem yang berujung maut tak jarang terjadi. Hal ini tak lepas dari adanya media sosial.

2. Argumen tidak berarti

Media sosial adalah tempat perdebatan tiada henti yang menyangkut berbagai hal, termasuk politik, agama, hingga masalah pribadi. Padahal, sistem kepercayaan adalah masalah sensitif dan tentu setiap orang memiliki pendapat yang berbeda.

3. Menjadikan Anda pengecut

Media sosial memungkinkan seseorang melakukan tindakan usil dengan cara sembunyi-sembunyi. Pengguna dengan mudah bisa membuat akun palsu dan menyatakan pendapat yang seenaknya karena tidak ada rasa takut untuk bertanggung jawab.

4. Banyak bicara tak ada tindakan

Menjadi aktivis adalah hal yang mudah dengan adanya media sosial, yakni cukup dengan terlibat dalam sebuah perbincangan melalui tanda tagar. Namun, tak sedikit mereka yang hanya bisa menyampaikan pendapat dan tidak berani melakukannya di dunia nyata.

5. Membuat Anda cuek

Membagikan sebuah konten yang mengandung unsur negatif, secara tidak langsung akan membuat suasana semakin keruh. Namun, dalam hal ini terkadang seseorang sudah mengetahuinya namun tidak peduli dengan apa yang akan terjadi demi menjadi populer.
(mks)
Komentar