Leonardo DiCaprio Dukung Petisi ke Jokowi Untuk Selamatkan Leuser

Rabu, 30 Maret 2016 19:00
Leonardo DiCaprio Dukung Petisi ke Jokowi Untuk Selamatkan LeuserLeonardo DiCaprio di Leuser @instagram.com/leonardodicaprio
Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio dan Adrien Brody baru saja berkunjung ke Indonesia. Keduanya memposting sejumlah foto pengalaman mereka menjelajahi Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Timur, pada Minggu (27/3) lalu.

Usai berfoto dengan gajah, Leo mengunggah foto kunjungannya ke taman nasional Gunung Leuser lewat akun Instagram pribadi.

Pada foto yang diposting Rabu (30/3) menampilkan Leo yang sedang berfoto dengan Adrien Brody dan para staf program konservasi orangutan di Leuser. Ada 2 orangutan muda yang menggelayuti tubuh 2 staf.


Sedangkan Leonardo DiCaprio dan Adrien Brody memakai kaus hijau bergambar wajah orangutan, staf lainnya juga ada yang berbaju serupa. Ada papan bertuliskan "Save Leuser Ecosystem" di foto tersebut.

Lewat keterangan fotonya, Leonardo memuji kekayaan alam di Indonesia. "Tempat yang sangat kaya dengan biodiversitas kelas dunia, ekosistem Leuser #Indonesia adalah salah satu lokasi hutan hujan paling penting yang tersisa di Asia Tenggara," tulis Leonardo.

Selain itu Leo menuliskan jika hutan di Indonesia merupakan tempat populasi bagia orangutan Sumatra yang nyaris punah.

Tetapi Leonardo mengatakan bahwa perluasan lahan perkebunan kelapa sawit telah merusak ekosistem unik tersebut. "Inilah saatnya untuk menyelamatkan ekosistem Leuser. Kita harus menyusun solusi permanen untuk melindungi dan mengembalikan aset berharga ini," katanya.

Selain itu Leo menggalang dukungan demi petisi online yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, Gubernur Aceh Zaini Abdullah, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Tgk. H. Muharuddin.

Petisi online yang dicetuskan Dahlan M. Isa itu meminta pemerintah untuk menyelamatkan Taman Gunung Leuser, sehubungan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Aceh 2013-2033 yang tak memasukkan Leuser ke Kawasan Strategis Nasional. Hal itu dianggap bisa mengancam ekosistem Leuser.

Wujud keseriusan Leonardo DiCaprio mendukung penyelamatan ekosistem Leuser adalah dengan mencantumkan link menuju petisi online tersebut lewat akun Instagram resminya.
(hdk)
Komentar