Ahok Putar Rekaman Aksi Pungli di TPU, Rapat Langsung Hening

Rabu, 30 Maret 2016 19:30
Ahok Putar Rekaman Aksi Pungli di TPU, Rapat Langsung HeningAhok memimpin rapat soal anak buah pungli @jpnn.com

Kemarahan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok setelah mendapat laporan terjadinya pungli oleh oknum Taman Pemakaman Umum (TPU) terlihat dalam video rapat pimpinan (rapim) Senin 28 Maret kemarin.

Rapim itu dihadiri jajaran SKPD, inspektorat dan Sekda DKI. Salah satu persoalan yang dibahas adalah mengenai aksi pungli di TPU.

Ahok yang geram kemudian menyemprot Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Ratna Diah.

"Kita terus nuduh ibu, tapi ibu terus bilang enggak ada. Itu yang selalu saya bilang di taman ini malingnya gila-gilaan, tapi selalu disangkal enggak ada," kata Ahok.

"Saya sampaikan, kenapa bisa ada pungli di TPU? Karena ada Kepala TPU yang pungli. Kalau Kepalanya lurus, bawahnya nggak berani nggak lurus. Itu teorinya," ucapnya dengan nada meninggi.

Untuk membuktikan ucapannya, Ahok kemudian memutar rekaman yang tersimpan di ponselnya terkait pungli yang dilakukan pengawas TPU Petamburan. Rekaman itu dibuat oleh PNS yang menyamar sebagai warga untuk mengurus tanah pemakaman.

Saat rekaman itu diputar, seisi ruangan menjadi hening. Tampak Sekda Saefullah yang duduk di sebelah Ahok memasang wajah serius. Begitu pula dengan Ratna Diah yang diam memperhatikan suara rekaman anak buahnya tersebut.

Berikut ini videonya.

(Nay)
Komentar