iPhone 16GB Ternyata Akal-akalan Apple Raup Banyak Uang

Selasa, 29 Maret 2016 16:20
iPhone 16GB Ternyata Akal-akalan Apple Raup Banyak UangiPhone SE @indianexpress.com
Analis dari IHS, Wayne Lam membuat pengguna iPhone terkejut karena ia menyebutkan bahwa iPhone terbaru yang dijual dengan harga lebih mahal semakin membuat Apple untung besar, dilansir Tech Insider.

Perlu diketahui jika Apple sejauh ini masih menghadirkan perangkat dengan internal 16GB, padahal smartphone vendor pesaing seperti Samsung Galaxy S7 paling murah memiliki memori internal 32GB.

Dengan adanya perangkat memori internal 16GB, maka pengguna yang tak puas akan beralih ke iPhone dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 64GB. Di sinilah letak keuntungan Apple.

iPhone dengan memori internal 16GB dibanding iPhone 64GB memang memiliki selisih harga yang sangat besar, mencapai USD 100 atau sekitar Rp 1,3 jutaan. Padahal, Apple hanya memerlukan USD 12 (Rp 160 ribuan) untuk chip berkapasitas 64GB.

Bahkan karena harga chip cenderung fluktuatif tiap bulannya, harga chip sangat mungkin berubah lebih murah dari waktu ke waktu. Wayne mengatakan jika Apple menerapkan strategi ini sejak lama. Menurutnya, pengguna tinggal menunggu kapan Apple akan mengalihkan ke iPhone 32GB sebagai varian termurah.
(mks)
Komentar