Sisa Candi Abad ke-14 Ditemukan di Bandung

Selasa, 29 Maret 2016 14:30
Sisa Candi Abad ke-14 Ditemukan di BandungArkeolog temukan sisa candi dari abad ke-14 di Bandung @antaranews.com
Sisa-sisa candi yang dibangun pada abad ke-14 di Pura Gelang Agung, Banjar Buanggar, Petang, Bandung baru saja ditemukan oleh arkeolog dari Balai Besar Arkeologi Denpasar, Bali.

I Gusti Made Suarbhawa yang merupakan kepala Balai Besar Arkeologi Denpasar mengatakan jika tumpukan batu padas tersebut tersusun rapi di kedalaman 1 hingga 1,5 meter di tiga titik galian.

Ia menjelaskan bahwa tumpukan batu padas pertama ditemukan dalam posisi menjulur dari bawah bangunan pura, tepat di depan gedong arca yang ada di sana. Sementara yang kedua berada di sisi timur gedong arca. Beberapa tumpukan juga ditemukan di sisi timur pura, di samping tembok panyengker atau pembatas.

"Di galian ketiga ini banyak batu padas dalam kondisi tidak utuh," ujar Suarbhawa.

Lebih lanjut ia menduga jika tumpukan batu itu tidak rusak dengan sendirinya, melainkan ulah orang-orang sekitar yang mengambilinya. "Tim juga menemukan banyak batu padas rusak karena diambil oleh masyarakat sekitar untuk pembangunan tembok panyengker," ujarnya.

Sejauh ini tim-nya masih belum mengetahui seperti apa bentuk candi tersebut. Mereka pun masih terus melakukan penggalian dan mengumpulkan data. "Saat ini kami fokus mendata, mengukur dan mendokumentasikan setiap temuan," tandasnya.

Penelitian yang dilakukan sejak 18 Maret hingga 31 Maret nanti ini merupakan penelitian lanjutan mengenai ditemukannya arca, uang kepeng, tumpukan batu padas, serta sarkopagus di tempat yang sama beberapa waktu lalu.
(mks)
Komentar