Mahasiswa AS Bikin Robot Canggih Bisa Menyelam

Selasa, 29 Maret 2016 12:30
Mahasiswa AS Bikin Robot Canggih Bisa MenyelamRobot yang bisa menyelam @enewscourier.com
Perkembangan dunia robotik semakin lama seolah tak terbendung, bahkan sudah banyak robot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Tak lepas dari hal itu, mahasiswa di Limestone Career Technical Center berhasil membuat sebuah robot canggih yang mampu menyelam.

Robot buatan mahasiswa Amerika Serikat ini nantinya akan diikutsertakan dalam sebuah kompetisi robotika bawah air yang diadakan di Dauphin Islan Sea Lab bulan depan.

Pelatih tim, Casey Wingginton mengatakan jika robot buatan mahasiswanya akan digunakan untuk melakukan penelitian tentang terumbu karang, memperbaiki satelit di dasar laut, serta mengukur kadar minyak yang terkandung dalam air, dilansir Washington Times.

Wingginton mengatakan, "Benar-benar keterampilan yang bersifat universal. Anda hampir bisa mengambil jenis aplikasi robot dan melakukannya di bawah air."

Ia juga menegaskan jika robot ini akan sangat berguna untuk membantu perusahaan industri yang bergerak di bidang kelautan di masa depan. "Kami akan terus mencoba untuk membuat sebuah robot yang lebih efisien," lanjutnya.

Para mahasiswa membuat robot penyelam ini sejak Agustus tahun lalu dari komponen berupa laser pengukir dan printer 3D yang juga mereka kembangkan sendiri di kampus.
(mks)
Komentar