Penyebab Pria Meninggal Lebih Awal Dari Wanita

Rabu, 30 Maret 2016 06:00
Penyebab Pria Meninggal Lebih Awal Dari WanitaIlustrasi kakek nenek @loveplateform.com
Disadari atau tidak, dibanding pria wanita jauh lebih terbuka untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan dokter terkait kesehatan baik tubuhnya maupun beberapa tekanan penyebab stres.

Mungkin beberapa pria juga akan melakukan hal tersebut namun sebagian besar dari mereka hanya mau berinteraksi dengan dokter pria saja.

Hal ini ditemukan oleh para psikolog dari Rutgers. Para peneliti berkesimpulan, ini adalah salah satu penyebab kenapa pria meninggal lebih dulu dari wanita.

"Pertanyaan yang ingin kami dapatkan jawabannya adalah, kenapa pria meninggal lebih dulu dibanding wanita?. Bahkan pria rata-rata meninggal lima tahun lebih dulu dibanding wanita dan perbedaan psikologis tak bisa menjelaskan hal ini." ujar pemimpin penelitian, Diana Sanchez.

Peneliti Mary Himmelstein dan Sanchez menemukan pria biasanya memiliki keyakinan tradisional tentang maskulinitas, bahwa pria haruslah kuat, berani, bisa menjaga diri, dan mampu mengendalikan ekspresi dan emosi mereka.

Sehingga mereka cenderung mengabaikan masalah kesehatan atau setidaknya menunda pemeriksaannya. Ironisnya, para peneliti menemukan bahwa pria akan lebih jujur tentang simptom kesehatan mereka kepada dokter wanita.

Sanchez berteori, mengakui suatu kerapuhan di depan wanita tidak mengurangi status kejantanan mereka. Seperti dilansir dari Times of India, studi ini diterbitkan di dalam Preventive Medicine dan The Journal of Health Psychology.
(De)
Komentar