Dampak Buruk Gunakan Ponsel di Toilet

Selasa, 29 Maret 2016 05:00
Dampak Buruk Gunakan Ponsel di ToiletIlustrasi buang air besar sambil main hp @gizmodo.com
Semakin kesini internet dan gadget seolah semakin menjadi candu bagi masyarakat terutama para netizen. Saking terbiasanya berkutat dengan ponsel, ketika mereka sedang BAB pun sambil bermain ponsel.

Sayangnya, kebiasaan sepele ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dari Buzz Feed, semua toilet terlebih toilet umum penuh dengan kuman, bakteri dan kotoran manusia.

"Toilet dipenuhi dengan kuman, patogen dan bakteri enterik (dari saluran usus), kebanyakan dari feses," ujar ahli kuman dan profesor mikrobiologi, Charles Gerba, Ph.D.

Permukaan yang paling terkontaminasi kuman dan bakteri di toilet adalah knop pintu, knop untuk menyiram toilet, knop keran dan lantai.

Sebuah studi menemukan fakta bahwa seperempat tas memiliki bakteri dari feses yang menempel di permukannya kareng sering diletakkan di lantai toilet umum.

"Saat Anda menyiram toilet, air dengan feses dan urin menyemprot sekitar enam kaki ke segala penjuru," ujar ahli kuman sekaligus profesor kesehatan lingkungan di University of Arizona, Kelly reynolds, Ph.D.

Yang mengejutkan, erosol meningkat setiap kali Anda menyiram toilet, sehingga jika Anda berada di toilet umum, maka ada air kotor yang melapisi seluruh permukaan toilet, terutama di tempat tisu, karena biasanya terletak di sebelah kloset.

Sehingga ketika Anda meletakkan ponsel di area toilet, ponsel akan terkontaminasi dengan kuman dan kotoran dari feses. Para ahli menuturkan bahwa banyak virus seperti norovirus, E. coli, salmonella, shigella, hepatitis A, MRSA, streptococcus dan flu yang dikaitkan dengan toilet umum.

Bahkan urine juga dapat menularkan penyakit mata dan infeksi pernapasan, jika tangan Anda terkontaminasi kuman dan patogen di toilet, kemudian Anda menyentuh wajah, mata, hidung atau mulut.

"Norovirus adalah penyebab utama diare pada orang dewasa di AS hampir selalu dikaitkan dengan kebiasaan jarang mencuci tangan," ujar Gerba.

Jadi sangat penting bagi Anda semuanya untuk memastikan selalu menjaga kebersihan tangan. Jangan memegang ponsel selama tangan belum tercuci dan kering. Sebab jika tidak, para ahli mengungkapkan bahwa ponsel Anda akan menjadi sarang kuman yang sewaktu-waktu dapat masuk ketubuh Anda.
(De)
Komentar