4 Fakta Mengejutkan Tentang Bersin

Senin, 28 Maret 2016 08:00
4 Fakta Mengejutkan Tentang BersinIlustrasi bersin @mirror.co.uk
Salah satu tindakan yang sangat wajar dan hampir dialami setiap orang adalah bersin. Meski terlihat hal yang wajar dan tak berbahaya, bersin juga cukup berbahaya jika dilakukan terlalu keras.

Berikut beberapa fakta mengejutkan tentang bersin:

1. Bersin terlalu keras bikin tulang iga retak

Pada dasarnya saat Anda bersin, maka lendir atau benda-benda asing yang ada di dalam mulut dan hidung akan keluar. Kecepatan keluarnya kotoran itu diperkirakan 100mil/jam atau setara dengan 160km/jam.

Jika Anda sengaja bersin secara dibuat-buat dengan ledakan yang kuat dan keras, akan berakibat pada tulang iga. Tulang iga Anda akan berpotensi untuk retak.

2. Saat bersin jantung berhenti

Saat Anda bersin, seluruh otot yang ada di wajah akan menegang sesaat bahkan jantung akan berhenti sejenak. Setelah bersin, semua akan kembali normal. Sejumlah ilmuwan menyebut bahwa bersin dapat merestart tubuh secara alami.

3. Jangan menahan bersin

Menahan bersin dapat berakibat fatal pada kesehatan. Karena dapat mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga. Kasus parah juga berpotensi akan terjadi, yaitu risiko pecah pembuluh nadi di kepala dan leher.

4. Bersin tidak dapat dilakukan dengan mata terbuka

Refleks tubuh saat bersin adalah memejamkan mata. Ini bukan tanpa alasan. Tekanan udara yang cukup penting terletak pada mata. Sehingga ketika Anda bersin, mata akan otomatis terpejam.
(De)
Komentar