Tay, Kecerdasan Buatan Microsoft Berwujud Gadis Muda

Sabtu, 26 Maret 2016 11:15
Tay, Kecerdasan Buatan Microsoft Berwujud Gadis MudaTay Microsoft @money.cnn.com
Perusahaan teknologi Microsoft baru saja memperkenalkan sebuah kecerdasan buatan bernama Tay. Eksperimen Microsoft berbentuk Chatbot ini memiliki wujud seorang gadis remaja.

Microsoft merilis eksperimen tersebut di Kik, GroupMe, serta Twitter pada Rabu (23/3) lalu. Hadirnya Tay bertujuan agar Microsoft mampu mengetahui apa saja yang paling sering dibicarakan orang modern, dilansir Mashable.

Tay memungkinkan seseorang mengirim pesan, melakukan selfie, bahkan bermain berbagai jenis game. Tay sendiri dibuat sebagai hiburan dan menjalin sebuah hubungan bagi pengguna.

Dalam laman website Tay, Microsoft menulis, "Tay dikembangkan melalui data publik yang relevan dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligent/ AI) oleh tim pengembang."

Microsoft mengatakan jika Tay memang belum sangat cerdas, namun mereka akan terus mengembangkannya dan menjadi sebuah media yang mampu mempermudah cara berkomunikasi seseorang. Tay diklaim mempunyai kepribadian kuat yang dapat merespon pertanyaan dan mengungkapkan pendapat.

Chatbot tersebut dibuat untuk pengguna internet berusia 18 hingga 24 tahun. Data yang dikumpulkan dari Tay nantinya akan digunakan untuk keperluan riset mengenai pemahaman percakapan manusia.
(mks)
Komentar